Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) berbantuan quick response (QR) code pada materi koordinat cartesius Kelas VII MTS Muhammadiyah Gedongtengen

Renayanti, Antri (2024) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) berbantuan quick response (QR) code pada materi koordinat cartesius Kelas VII MTS Muhammadiyah Gedongtengen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006065_JUDUL__240325050023.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006065_BAB_I__240325050023.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006065_BAB_II__240325050023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006065_BAB_III__240325050023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006065_BAB_IV__240325050023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006065_BAB_V__240325050023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006065_DAFTAR_PUSTAKA__240325050024.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006065_LAMPIRAN__240325050024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan pra penelitian di MTs Muhammadiyah Gedongtengen antara lain: (1) siswa kelas VIII MTs Gedongtengen kesulitan belajar matematika secara mandiri; (2) keterbatasan bahan ajar; serta (3) siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen membutuhkan bahan ajar yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response (QR) Code sebagai bahan ajar kelas VIII materi Koordinat Cartesius, mengetahui kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response (QR) Code kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen dan mengetahui respon siswa terhadap e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Quick Response (QR) Code.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen. Produk yang dikembangkan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi dan ahli media. Setelah produk dikatakan layak, maka dilakukan uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar untuk dinilai oleh siswa. Hasil data tersebut diolah kemudian dianalisis dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor ahli media diperoleh 3, 72 dengan kriteria sangat baik; (2) rata-rata skor ahli materi diperoleh 3,42 dengan kriteria sangat baik serta (3) rata-rata hasil respon siswa diperoleh 3, 36 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian keseluruhan tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response(QR) Code pada materi Sistem Koordinat kelas VIII SMP/ MTs layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: bahan ajar e-modul, pbl, qr code, koordinat cartesius
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:43
Last Modified: 30 Apr 2024 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62857

Actions (login required)

View Item View Item