Renayanti, Antri (2024) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) berbantuan quick response (QR) code pada materi koordinat cartesius Kelas VII MTS Muhammadiyah Gedongtengen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006065_JUDUL__240325050023.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006065_BAB_I__240325050023.pdf Download (475kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006065_BAB_II__240325050023.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900006065_BAB_III__240325050023.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006065_BAB_IV__240325050023.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900006065_BAB_V__240325050023.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006065_DAFTAR_PUSTAKA__240325050024.pdf Download (214kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006065_LAMPIRAN__240325050024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan pra penelitian di MTs Muhammadiyah Gedongtengen antara lain: (1) siswa kelas VIII MTs Gedongtengen kesulitan belajar matematika secara mandiri; (2) keterbatasan bahan ajar; serta (3) siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen membutuhkan bahan ajar yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response (QR) Code sebagai bahan ajar kelas VIII materi Koordinat Cartesius, mengetahui kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response (QR) Code kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen dan mengetahui respon siswa terhadap e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Quick Response (QR) Code.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Gedongtengen. Produk yang dikembangkan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi dan ahli media. Setelah produk dikatakan layak, maka dilakukan uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar untuk dinilai oleh siswa. Hasil data tersebut diolah kemudian dianalisis dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor ahli media diperoleh 3, 72 dengan kriteria sangat baik; (2) rata-rata skor ahli materi diperoleh 3,42 dengan kriteria sangat baik serta (3) rata-rata hasil respon siswa diperoleh 3, 36 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian keseluruhan tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quick Response(QR) Code pada materi Sistem Koordinat kelas VIII SMP/ MTs layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | bahan ajar e-modul, pbl, qr code, koordinat cartesius |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:43 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62857 |
Actions (login required)
View Item |