Fatin, Alya Syakira (2024) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gaya belajar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006039_JUDUL__240308054536.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006039_BAB_I__240308054536.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006039_BAB_II__240308054536.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006039_BAB_III__240308054536.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006039_BAB_IV__240308054536.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006039_BAB_V__240308054536.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006039_DAFTAR_PUSTAKA__240308054536.pdf Download (250kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006039_LAMPIRAN__240308054536.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika masih sering dilakukan oleh siswa dan perlu diperhatikan dan dianalisis lebih jauh oleh pendidik. Salah satunya adalah kesalahan dalam perhitungan. Hal yang menyebabkan adanya kesalahan yang beragam adalah gaya belajar. Perbedaan gaya belajar dapat mempengaruhi siswa dalam menerima dan menyelesaikan soal matematika, terutama dalam materi teorema Pythagoras. Oleh karenanya, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras ditinjau dari gaya belajarnya berdasarkan Teori Newman yang dilakukan di SMP Negeri11 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini melibatkan 33 siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan 9 siswa sebagai subjek yang kemudian dipilih 3 siswa dengan gaya belajar visual, 3 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 3 siswa lainnya dengan gaya belajar kinestetik. Objek penelitian ini yaitu kesalahan siswadalam menyelesaikan soal berdasarkan kesalahan Teori Newman ditinjau dari gaya belajar. Teknik pengambilan data penelitian ini berupa angket gaya belajar, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat siswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 9.09%, siswa yang memiliki gaya belajar auditorial sebesar 33.33%, dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase 36.36%. Selanjutnya, untuk jenis-jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar visual adalah kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. Sedangkan, jenis-jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik adalah kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, dan kesalahan keterampilan proses.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis Kesalahan, Teori Newman, Teorema Pythagoras, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:14 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62920 |
Actions (login required)
View Item |