Astuti, Tri Indri (2024) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningktakan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001208_JUDUL__240502110251.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001208_BAB_I__240502110251.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001208_BAB_II__240502110251.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001208_BAB_III__240502110251.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001208_BAB_IV__240502110251.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001208_BAB_V__240502110251.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001208_DAFTAR_PUSTAKA__240502110251.pdf Download (339kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001208_LAMPIRAN__240502110251.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi Interpersonal merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh beberapa individu. Idealnya sebagai individu, mampu membangun komunikasi yang baik dengan lingkungan sosialnya. Namun, realitanya banyak peserta didik yang belum mampu memahami komunikasi interpersonal. Maka diperlukan tindakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP N 3 Banguntapan tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian pre experimental design dengan model one gorup pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok Teknik Sosiodrama dilakukan sebanyak lima kali pemberian layanan/perlakuan (treatment). Uji validitas menggunakan product moment dengan bantuan program SPSS. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dalam bentuk angka (kuantitatif) yang kemudian dianalisis secara statistik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test berdasarkan hasil uji prasyarat.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil pengujan hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung = 7,218 > 1,833 (t tabel) pada signifikansi (ɑ) ≥ 5 �n hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < ɑ (0,05), yang berada pada daerah kritis atau penolakan H0 yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Hasil tersebut didukung oleh skor rata-rata posttest lebih tinggi dari skor pretest ( 111 > 92) menunjukan peningkatan sebesar 19 poin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, komunikasi interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 10 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 10 May 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63215 |
Actions (login required)
View Item |