Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningktakan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan

Astuti, Tri Indri (2024) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningktakan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 3 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001208_JUDUL__240502110251.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001208_BAB_I__240502110251.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001208_BAB_II__240502110251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001208_BAB_III__240502110251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001208_BAB_IV__240502110251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001208_BAB_V__240502110251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001208_DAFTAR_PUSTAKA__240502110251.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001208_LAMPIRAN__240502110251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh beberapa individu. Idealnya sebagai individu, mampu membangun komunikasi yang baik dengan lingkungan sosialnya. Namun, realitanya banyak peserta didik yang belum mampu memahami komunikasi interpersonal. Maka diperlukan tindakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP N 3 Banguntapan tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian pre experimental design dengan model one gorup pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok Teknik Sosiodrama dilakukan sebanyak lima kali pemberian layanan/perlakuan (treatment). Uji validitas menggunakan product moment dengan bantuan program SPSS. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dalam bentuk angka (kuantitatif) yang kemudian dianalisis secara statistik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test berdasarkan hasil uji prasyarat.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil pengujan hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung = 7,218 > 1,833 (t tabel) pada signifikansi (ɑ) ≥ 5 �n hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < ɑ (0,05), yang berada pada daerah kritis atau penolakan H0 yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Hasil tersebut didukung oleh skor rata-rata posttest lebih tinggi dari skor pretest ( 111 > 92) menunjukan peningkatan sebesar 19 poin.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, komunikasi interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 10 May 2024 07:25
Last Modified: 10 May 2024 07:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63215

Actions (login required)

View Item View Item