Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo

Putri, Devi Cyndiyana (2024) Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005295_JUDUL__240615074415.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005295_BAB_I__240615064237.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005295_BAB_II__240615064237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005295_BAB_III__240615064237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005295_BAB_IV__240615064237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005295_BAB_V__240615064237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005295_DAFTAR_PUSTAKA__240615064237.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005295_LAMPIRAN__240615064237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005295_NASKAH_PUBLIKASI__240615070339.pdf

Download (275kB)

Abstract

Peserta didik sering mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian, menemukan dan memproses informasi yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan metode yang terpusat pada guru. Kurangnya kreativitas peserta didik yang ditandai dengan sikap pasif di kelas juga mengakibatkan penurunan hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik yang harus diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo dengan menggunakan metode mind mapping.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat elemen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo tahun ajaran 2022/2024 yang berjumlah 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukkan hasil kreativitas peserta didik sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 36%. Setelah dilaksanakan tindakan peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I dengan presentase sebesar 55% dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 76% dengan kriteria “baik”. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik sebelum dilaksanakan tindakan peserta didik yang tuntas KKM adalah 36%. Setelah dilaksanakan tindakan, peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 45% dengan terus meningkat pada siklus II sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kreativitas, hasil belajar dan metode mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:16
Last Modified: 05 Jul 2024 01:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64360

Actions (login required)

View Item View Item