Putri, Devi Cyndiyana (2024) Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005295_JUDUL__240615074415.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005295_BAB_I__240615064237.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005295_BAB_II__240615064237.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005295_BAB_III__240615064237.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005295_BAB_IV__240615064237.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005295_BAB_V__240615064237.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005295_DAFTAR_PUSTAKA__240615064237.pdf Download (202kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005295_LAMPIRAN__240615064237.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005295_NASKAH_PUBLIKASI__240615070339.pdf Download (275kB) |
Abstract
Peserta didik sering mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian, menemukan dan memproses informasi yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan metode yang terpusat pada guru. Kurangnya kreativitas peserta didik yang ditandai dengan sikap pasif di kelas juga mengakibatkan penurunan hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik yang harus diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo dengan menggunakan metode mind mapping.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat elemen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo tahun ajaran 2022/2024 yang berjumlah 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukkan hasil kreativitas peserta didik sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 36%. Setelah dilaksanakan tindakan peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I dengan presentase sebesar 55% dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 76% dengan kriteria “baik”. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik sebelum dilaksanakan tindakan peserta didik yang tuntas KKM adalah 36%. Setelah dilaksanakan tindakan, peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 45% dengan terus meningkat pada siklus II sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kamal Kulon Progo.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kreativitas, hasil belajar dan metode mind mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 01:16 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 01:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64360 |
Actions (login required)
View Item |