Safitri, Aulia Diah (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik pada materi SPLDV berbasis problem based learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011006034_JUDUL__240619061434.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011006034_BAB_I__240619061434.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011006034_BAB_II__240619061434.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011006034_BAB_III__240619061434.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011006034_BAB_IV__240619061434.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011006034_BAB_V__240619061434.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011006034_DAFTAR_PUSTAKA__240619061434.pdf Download (215kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011006034_LAMPIRAN__240619061646.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan observasi pra penelitian di PPM MBS Pleret Yogyakarta yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika, pembelajaran yang diterapkan di kelas VIII belum efektif dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta LKPD matematika yang tersedia masih berbentuk soal-soal saja tanpa ada langkah-langkahnya. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai AL-Qur’an yang sudah dikembangkan.
Metode penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP putri PPM MBS Pleret Yogyakarta. Materi yang diambil adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan menganalisis butir angket dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. LKPD dikatakan layak apabila masing-masing dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik memperoleh rata-rata nilai minimal baik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor ahli materi sebanyak 161 termasuk dalam kriteria baik; (2) rata skor ahli media sebanyak 144,5 termasuk dalam kriteria sangat baik; (3) hasil rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelas kecil sebanyak 113,5 termasuk dalam kriteria baik, (4) hasil rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelas besar sebanyak 121 termasuk dalam kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD pada materi SPLDV berbasis Problem Based Learning dengan Mengintegrasikan Nilai-nilai Al-Qur’an layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, SPLDV, problem based learning, nilai Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:19 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64410 |
Actions (login required)
View Item |