Pengembangan lembar kerja peserta didik pada materi SPLDV berbasis problem based learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an

Safitri, Aulia Diah (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik pada materi SPLDV berbasis problem based learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2011006034_JUDUL__240619061434.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2011006034_BAB_I__240619061434.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2011006034_BAB_II__240619061434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2011006034_BAB_III__240619061434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2011006034_BAB_IV__240619061434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2011006034_BAB_V__240619061434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2011006034_DAFTAR_PUSTAKA__240619061434.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2011006034_LAMPIRAN__240619061646.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan observasi pra penelitian di PPM MBS Pleret Yogyakarta yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika, pembelajaran yang diterapkan di kelas VIII belum efektif dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta LKPD matematika yang tersedia masih berbentuk soal-soal saja tanpa ada langkah-langkahnya. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan mengintegrasikan nilai-nilai AL-Qur’an yang sudah dikembangkan.
Metode penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP putri PPM MBS Pleret Yogyakarta. Materi yang diambil adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan menganalisis butir angket dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. LKPD dikatakan layak apabila masing-masing dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik memperoleh rata-rata nilai minimal baik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor ahli materi sebanyak 161 termasuk dalam kriteria baik; (2) rata skor ahli media sebanyak 144,5 termasuk dalam kriteria sangat baik; (3) hasil rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelas kecil sebanyak 113,5 termasuk dalam kriteria baik, (4) hasil rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelas besar sebanyak 121 termasuk dalam kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD pada materi SPLDV berbasis Problem Based Learning dengan Mengintegrasikan Nilai-nilai Al-Qur’an layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: LKPD, SPLDV, problem based learning, nilai Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:19
Last Modified: 24 Jun 2024 01:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64410

Actions (login required)

View Item View Item