Evaluasi program sertifikasi guru dalam meningkatkan komitmen kerja guru di SD Negeri 48 Tanjungpandan

Widyasari, Eri (2023) Evaluasi program sertifikasi guru dalam meningkatkan komitmen kerja guru di SD Negeri 48 Tanjungpandan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005075_JUDUL__230803115611.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005075_BAB_I__230803115611.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005075_BAB_II__230803115611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005075_BAB_III__230803115611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005075_BAB_IV__230803115611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005075_BAB_V__230803115611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005075_DAFTAR_PUSTAKA__230803115611.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005075_LAMPIRAN__230803115611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005075_NASKAH_PUBLIKASI__230803115611.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sertifikasi guru dalam meningkatkan komitmen kerja guru di SD Negeri 48 Tanjungpandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan metode penelitian model CIPP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah dan guru yang sudah memiliki sertifikat mengajar atau guru yang sudah mengikuti program sertifikasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan komponen evaluasi context yang terdiri dari dasar pelaksanaan program sertifikasi guru dan penyesuaian visi dan misi sekolah terhadap tujuan sertifikasi guru mendapatkan hasil dengan penilaian penuh yaitu 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi input mencakup sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sumber pembiayaan memperoleh hasil 85�pat dikatakan sesuai. Sumber daya manusia memperoleh hasil 50% yang dikatakan kurang sesuai, serta sarana dan prasarana mendapat hasil 100�n sumber pembiayaan mendapat hasil 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi process yang terdiri dari perencanaan dan prosedur sertifikasi dengan hasil 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai serta pengimplementasian program sertifikasi melalui kompetensi yang dimiliki oleh guru dengan hasil 100% atau sangat sesuai. Kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Total keseluruhan yang didapat pada komponen process yaitu 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi product terdiri dari komitmen afektif, komitmen keberlanjutan, dan komitmen normatif, mendapat hasil dengan penilaian 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Evaluasi program sertifikasi guru; CIPP, komitmen guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:10
Last Modified: 08 Jul 2024 02:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65198

Actions (login required)

View Item View Item