Widyasari, Eri (2023) Evaluasi program sertifikasi guru dalam meningkatkan komitmen kerja guru di SD Negeri 48 Tanjungpandan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005075_JUDUL__230803115611.pdf Download (870kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005075_BAB_I__230803115611.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005075_BAB_II__230803115611.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005075_BAB_III__230803115611.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005075_BAB_IV__230803115611.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005075_BAB_V__230803115611.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005075_DAFTAR_PUSTAKA__230803115611.pdf Download (441kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005075_LAMPIRAN__230803115611.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005075_NASKAH_PUBLIKASI__230803115611.pdf Download (947kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sertifikasi guru dalam meningkatkan komitmen kerja guru di SD Negeri 48 Tanjungpandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan metode penelitian model CIPP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah dan guru yang sudah memiliki sertifikat mengajar atau guru yang sudah mengikuti program sertifikasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan komponen evaluasi context yang terdiri dari dasar pelaksanaan program sertifikasi guru dan penyesuaian visi dan misi sekolah terhadap tujuan sertifikasi guru mendapatkan hasil dengan penilaian penuh yaitu 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi input mencakup sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sumber pembiayaan memperoleh hasil 85�pat dikatakan sesuai. Sumber daya manusia memperoleh hasil 50% yang dikatakan kurang sesuai, serta sarana dan prasarana mendapat hasil 100�n sumber pembiayaan mendapat hasil 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi process yang terdiri dari perencanaan dan prosedur sertifikasi dengan hasil 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai serta pengimplementasian program sertifikasi melalui kompetensi yang dimiliki oleh guru dengan hasil 100% atau sangat sesuai. Kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Total keseluruhan yang didapat pada komponen process yaitu 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai. Komponen evaluasi product terdiri dari komitmen afektif, komitmen keberlanjutan, dan komitmen normatif, mendapat hasil dengan penilaian 100% yang dapat dikatakan sangat sesuai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Evaluasi program sertifikasi guru; CIPP, komitmen guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65198 |
Actions (login required)
View Item |