Penerapan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik kelas atas SD Muhammadiyah MBS Prambanan

Sasmaya, Nur (2023) Penerapan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik kelas atas SD Muhammadiyah MBS Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005190_JUDUL__230306053342.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005190_BAB_I__230303075804.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005190_BAB_II__230303075804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005190_BAB_III__230303075804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005190_BAB_IV__230303075804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005190_BAB_V__230306050652.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005190_DAFTAR_PUSTAKA__230306050652.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005190_LAMPIRAN__230306050652.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005190_NASKAH_PUBLIKASI__230303075804.pdf

Download (442kB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan suatu kecakapan serta pengetahuan yang dimiliki seseorang untuk menggunakan dan paham akan macam angka dan simbol-simbol yang berhubungan dengan matematika dasar sehingga dapat memecahkan masalah secara cepat dengan ruang lingkup permasalahan yang ada dikehidupan sehari - hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik kelas atas di SD Muhammadiyah MBS Prambanan dan Menjelaskan apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan kegiatan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik kelas atas di SD Muhammadiyah MBS Prambanan..
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah MBS Prambanan pada semester ganjil 2022/2023. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pamong atau wali kelas V, dan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Data penelitian diperoleh berdasarkan pada hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan penerapan literasi numerasi pada pembelajaran tematik ini sudah dilakukan dengan baik, hasil dari penerapan literasi numerasi ini didukung oleh program pemerintah yaitu adanya AKM atau ANBK terkait dengan literasi numerasi, walaupun masih dilakukan dengan 5-6 orang peserta didik setiap kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Literasi Numerasi, AKM atau ANBK, Pembelajaran Tematik, Kelas Atas, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jan 2025 02:59
Last Modified: 14 Jan 2025 07:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78377

Actions (login required)

View Item View Item