Janah, Nur (2025) Pengembangan E-Modul Lingkaran Berbantuan Augmented Reality dan Berorientasi Kemampuan Spasial dengan Model Discovery Learning. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2207050009_BAB_I__250327071038.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
T2_2207050009_JUDUL__250327081316.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
T2_2207050009_BAB_II__250327071038.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_BAB_III__250327071038.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_BAB_IV__250327071038.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_BAB_V__250327071039.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_DAFTAR_PUSTAKA__250327071038.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
T2_2207050009_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250327071038.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_LAMPIRAN__250327074347.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2207050009_ABSTRAK__250327071039.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan spasial merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran geometri, khususnya dalam tahapan pemecahan masalah yang melibatkan kemampuan kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi solusi. Pentingnya kemampuan spasial tidak disertai oleh orientasi capaian kemampuan ini dalam pembelajaran, karena fakta menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan dan memahami hubungan spasial antara elemen-elemen suatu objek geometri, seperti lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul lingkaran berbantuan augmented reality (AR) dan berorientasi pada kemampuan spasial dengan menerapkan model Discovery Learning yang valid dan praktis. Penggunaan AR dalam E-Modul memungkinkan siswa untuk mengamati dan berinteraksi secara langsung dengan objek geometri dalam bentuk 3D, sehingga dapat meningkatkan kemampuan spatial perception, spatial visualization, mental rotation, spatial relation, dan spatial orientation. Model Discovery Learning dipilih karena dapat menstimulus eksplorasi dan pemecahan masalah peserta didik secara mandiri, sehingga peserta didik lebih aktif dalam menemukan konsep-konsep lingkaran. Masalahnya, pemilihan strategi dan media pembelajaran yang masih kurang tepat dapat menyebabkan kemampuan spasial peserta didik menjadi kurang terlatih. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian digunakan penelitian R&D dengan model ADDIE untuk mengembangkan E-Modul. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI di SMK Muhammadiyah Sentolo yang berjumlah 19 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes tulis untuk mengetahui kemampuan spasial awal perserta didik. Dari hasil dari penelitian diketahui bahwa E-Modul sudah memenuhi kelayakan produk pengembangan dari segi kevalidan dan kepraktisan produk. E-Modul dikatakan valid baik dari aspek materi maupun media. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Modul mendapatkan skor rata-rata 147,33 dengan kriteria "sangat baik" untuk materi dan mendapatkan skor rata-rata 95,67 dengan kriteria "sangat baik" untuk media. Sedangkan hasil dari respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan praktis dengan skor rata-rata sebesar 86,7 dengan kriteria "sangat baik". Dengan demikian, pengembangan E-Modul ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran lingkaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Augmented Reality, Discovery Learning, E-Modul, Kemampuan Spasial, Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:48 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |