Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII A SMPN 3 Sewon

Khasanah, Imroatul (2023) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII A SMPN 3 Sewon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006096_JUDUL__230705010708.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006096_BAB_I__230705010708.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006096_BAB_II__230705010708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006096_BAB_III__230705010708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006096_BAB_IV__230705010708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006096_BAB_V__230705010708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006096_DAFTAR_PUSTAKA__230705010708.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006096_LAMPIRAN__230705010708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu hal penting untuk siswa agar mampu membuat keputusan yang benar. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis adalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 63,49�ngan kriteria sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 79,96�ngan kriteria tinggi. Data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari semula pada siklus I rata-rata hasil belajarnya mencapai 63,21 pada siklus II menjadi 81,57. Dan presentase siswa yang tuntas pada siklus I 23,80% meningkat 85,72% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu ≥75%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan Berpikir Kritis, Peningkatan, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:48
Last Modified: 25 Apr 2025 07:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83231

Actions (login required)

View Item View Item