Khasanah, Imroatul (2023) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII A SMPN 3 Sewon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006096_JUDUL__230705010708.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006096_BAB_I__230705010708.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006096_BAB_II__230705010708.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006096_BAB_III__230705010708.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006096_BAB_IV__230705010708.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006096_BAB_V__230705010708.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006096_DAFTAR_PUSTAKA__230705010708.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006096_LAMPIRAN__230705010708.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu hal penting untuk siswa agar mampu membuat keputusan yang benar. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis adalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 63,49�ngan kriteria sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 79,96�ngan kriteria tinggi. Data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari semula pada siklus I rata-rata hasil belajarnya mencapai 63,21 pada siklus II menjadi 81,57. Dan presentase siswa yang tuntas pada siklus I 23,80% meningkat 85,72% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu ≥75%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan Berpikir Kritis, Peningkatan, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |