Akbarridho, Muhammad Rizki (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Open-Ended pada Materi FPB/KPK untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Condongcatur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005077_JUDUL__230922095805.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005077_BAB_I__230922095805.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005077_BAB_II__230922095805.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005077_BAB_III__230922095805.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005077_BAB_IV__230922095805.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005077_BAB_V__230922095805.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005077_DAFTAR_PUSTAKA__230922095805.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005077_LAMPIRAN__230922095805.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005077_NASKAH_PUBLIKASI__230922095805.pdf Download (384kB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang perlu dikuasi dalam pendidikan disekolah. FPB adalah faktor terbesar dari dua bilangan yang dinyatakan, sedangkan KPK adalah kelipatan terkecil dari dua bilangan yang dinyatakan. Kemampuan penalaran matematika sangat penting dimiliki peserta didik untuk memingkatkan pemahaman peserta didik terhadap kegunaan matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan keefektifan model pembelajaran Open-Ended. Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen. Desain penelitian ini One Group Pre-test Post-test. Data diambil dari soal tes kemampuan penalaran. Sedangkan instrumen validasi memakai expert judgment. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis, serta data diuji dengan menggunkan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Open-Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi FPB/KPK kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur, ditunjukan dengan hasil uji paired sampel t-tes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain model pembelajaran Open-Ended efektif meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas VI C SD Muhammadiyah Condongcatur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Matematika, Open-Ended, FPB/KPK, Kemampuan Penalaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 09:01 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 09:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |