Keefektifan Model Pembelajaran Open-Ended pada Materi FPB/KPK untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Condongcatur

Akbarridho, Muhammad Rizki (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Open-Ended pada Materi FPB/KPK untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Condongcatur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005077_JUDUL__230922095805.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005077_BAB_I__230922095805.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005077_BAB_II__230922095805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005077_BAB_III__230922095805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005077_BAB_IV__230922095805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005077_BAB_V__230922095805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005077_DAFTAR_PUSTAKA__230922095805.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005077_LAMPIRAN__230922095805.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005077_NASKAH_PUBLIKASI__230922095805.pdf

Download (384kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang perlu dikuasi dalam pendidikan disekolah. FPB adalah faktor terbesar dari dua bilangan yang dinyatakan, sedangkan KPK adalah kelipatan terkecil dari dua bilangan yang dinyatakan. Kemampuan penalaran matematika sangat penting dimiliki peserta didik untuk memingkatkan pemahaman peserta didik terhadap kegunaan matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan keefektifan model pembelajaran Open-Ended. Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen. Desain penelitian ini One Group Pre-test Post-test. Data diambil dari soal tes kemampuan penalaran. Sedangkan instrumen validasi memakai expert judgment. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis, serta data diuji dengan menggunkan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Open-Ended efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi FPB/KPK kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur, ditunjukan dengan hasil uji paired sampel t-tes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain model pembelajaran Open-Ended efektif meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas VI C SD Muhammadiyah Condongcatur.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Matematika, Open-Ended, FPB/KPK, Kemampuan Penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:01
Last Modified: 29 Apr 2025 09:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83280

Actions (login required)

View Item View Item