Yusita, Tias Lesinia (2023) Efektivitas Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005084_JUDUL__231017112218.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005084_BAB_I__231017112218.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005084_BAB_II__231017112218.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005084_BAB_III__231017112218.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005084_BAB_IV__231017112218.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005084_BAB_V__231017112218.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005084_DAFTAR_PUSTAKA__231017112218.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005084_LAMPIRAN__231017112218.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005084_NASKAH_PUBLIKASI__231017112218.pdf Download (518kB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung perkalian yang sepenuhnya melibatkan siswa secara optimal. Siswa diharapkan dapat menanamkan konsep perkalian Matematika dan mengaitkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas tersebut berdampak pada hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang 1.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil uji analisis data diperoleh bahwa adanya perubahan hasil belajar siswa sebelum dilakukan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dengan setelah dilakukan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education). Berdasarkan hasil, maka Ha diterima yang artinya adanya efektivitas model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) terhadap hasil belajar Matematika pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarketawang 1.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | hasil belajar, matematika, model pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:42 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |