Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Beji

Khabdila, Hismalina Rahyu (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Beji. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005219_JUDUL__230708050633.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005219_BAB_I__230708050633.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005219_BAB_II__230708050633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005219_BAB_III__230708050633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005219_BAB_IV__230708050633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005219_BAB_V__230708050633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005219_DAFTAR_PUSTAKA__230708050633.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005219_LAMPIRAN__230708050633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran matematika ialah suatu proses belajar mengajar untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa terhadap materi matematika. Penerapan model pembelajaran Make A Match diharapkan mampu untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara menyenangkan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan kelas IV SD Negeri Beji.
Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif pra experiment dengan one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Beji yang berjumlah 25 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Serta uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika, yaitu dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t_hitung 4,5861 > t_tabel1,711 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian (H_a) dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Beji.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Make A Match, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:47
Last Modified: 14 May 2025 07:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83552

Actions (login required)

View Item View Item