Khabdila, Hismalina Rahyu (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Beji. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005219_JUDUL__230708050633.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005219_BAB_I__230708050633.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005219_BAB_II__230708050633.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005219_BAB_III__230708050633.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005219_BAB_IV__230708050633.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005219_BAB_V__230708050633.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005219_DAFTAR_PUSTAKA__230708050633.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005219_LAMPIRAN__230708050633.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pelajaran matematika ialah suatu proses belajar mengajar untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa terhadap materi matematika. Penerapan model pembelajaran Make A Match diharapkan mampu untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara menyenangkan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan kelas IV SD Negeri Beji.
Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif pra experiment dengan one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Beji yang berjumlah 25 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Serta uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika, yaitu dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t_hitung 4,5861 > t_tabel1,711 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian (H_a) dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Beji.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Make A Match, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |