Alifah, Yuriza Nurul (2023) Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005046_JUDUL__230410093717.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005046_BAB_I__230410093717.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005046_BAB_II__230410093718.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005046_BAB_III__230410093718.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005046_BAB_IV__230410093718.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005046_BAB_V__230410093718.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005046_DAFTAR_PUSTAKA__230410093718.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005046_LAMPIRAN__230410093718.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005046_NASKAH_PUBLIKASI__230410093718.pdf Download (630kB) |
Abstract
Matematika masih sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan dalam diri peserta didik. Kecemasan matematika yang dialami peserta didik dapat dipengaruhi oleh kurangnya keyakinan diri peserta didik terhadap kemampuan dirinya dan kurangnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hubungan self-efficacy terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1; 2) mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1; 3) mengetahui hubungan self-efficacy dan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1 dan sampel yang diambil sebanyak 82 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa 1) hubungan self-efficacy terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0,729, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD. Semakin tinggi self-efficacy peserta didik, maka semakin rendah kecemasan matematis, begitupun sebaliknya. Semakin rendah self-efficacy peserta didik, maka semakin tinggi kecemasan matematis; 2) hubungan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0531, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD. Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin rendah kecemasan matematis, begitupun sebaliknya. Semakin rendah motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi kecemasan matematis; 3) hubungan self-efficacy dan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi -0,731, maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Kecemasan Matematis, Peserta Didik, Sekolah Dasar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:44 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |