Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1

Alifah, Yuriza Nurul (2023) Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005046_JUDUL__230410093717.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005046_BAB_I__230410093717.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005046_BAB_II__230410093718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005046_BAB_III__230410093718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005046_BAB_IV__230410093718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005046_BAB_V__230410093718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005046_DAFTAR_PUSTAKA__230410093718.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005046_LAMPIRAN__230410093718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005046_NASKAH_PUBLIKASI__230410093718.pdf

Download (630kB)

Abstract

Matematika masih sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan dalam diri peserta didik. Kecemasan matematika yang dialami peserta didik dapat dipengaruhi oleh kurangnya keyakinan diri peserta didik terhadap kemampuan dirinya dan kurangnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hubungan self-efficacy terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1; 2) mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1; 3) mengetahui hubungan self-efficacy dan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen 1 dan sampel yang diambil sebanyak 82 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa 1) hubungan self-efficacy terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0,729, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD. Semakin tinggi self-efficacy peserta didik, maka semakin rendah kecemasan matematis, begitupun sebaliknya. Semakin rendah self-efficacy peserta didik, maka semakin tinggi kecemasan matematis; 2) hubungan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0531, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kecemasan matematis peserta didik kelas V SD. Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin rendah kecemasan matematis, begitupun sebaliknya. Semakin rendah motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi kecemasan matematis; 3) hubungan self-efficacy dan motivasi belajar terhadap kecemasan matematis memperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi -0,731, maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Kecemasan Matematis, Peserta Didik, Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 May 2025 01:44
Last Modified: 16 May 2025 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83619

Actions (login required)

View Item View Item