Sari, Rasyida Faiz Anggina (2023) Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas IX SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006123_JUDUL__230613024530.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006123_BAB_I__230613024530.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006123_BAB_II__230613024530.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006123_BAB_III__230613024530.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006123_BAB_IV__230613024530.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006123_BAB_V__230613024530.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006123_DAFTAR_PUSTAKA__230613024530.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006123_LAMPIRAN__230613024530.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006123_NASKAH_PUBLIKASI__230613024530.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan pra penelitian di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Dari hasil kegiatan pra penelitian ini diperoleh beberapa kedala dalam pembelajaran matematika kelas IX di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Kendala tersebut berupa: (1) stigma sebagian besar peserta didik terhadap matematika sebagai pembelajaran yang sulit dan membosankan, (2) belum terdapat e-modul sebagai bahan ajar, dan (3) pembelajaran di kelas kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-modul berbantuan aplikasi canva pada materi fungsi kuadrat kelas IX SMP.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-E SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan uji coba adalah validasi produk oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu produk dinyatakan layak, maka dilakukan uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar untuk memperoleh respon dan penilaian dari peserta didik terhadap kualitas e-modul yang dikembangkan. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor ahli materi sebesar 4,5 termasuk kriteria sangat baik; (2) ) rata-rata skor ahli media sebesar 4,625 termasuk kriteria sangat baik; serta (3) rata-rata hasil respon peserta didik pada uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar sebesar 3,78 termasuk kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-modul Berbantuan Aplikasi Canva pada materi Fungsi Kuadrat Kelas IX SMP layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | e-modul, fungsi kuadrat, canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:18 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |