Fadillah, Annisa Nur (2023) Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600005087_JUDUL__230731053640.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600005087_BAB_I__230731053640.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600005087_BAB_II__230731053640.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600005087_BAB_III__230731053640.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600005087_BAB_IV__230731053640.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600005087_BAB_V__230731053640.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005087_DAFTAR_PUSTAKA__230731053640.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600005087_LAMPIRAN__230731053640.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005087_NASKAH_PUBLIKASI__230731053640.pdf Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK
Fadillah, Annisa Nur. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Kesulitan belajar yang dialami siswa menunjukkan adanya kesenjangan atau jarak antara prestasi akademik yang diharapkan dengan prestasi akademik yang dicapai oleh siswa pada kenyataannya (prestasi aktual). Siswa akan dikatakan mengalami kesulitan belajar apabila intelegensi yang dimilikinya menunjukkan adanya kekurangan dalam proses dan hasil belajar seperti prestasi belajar yang diperolehnya rendah. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa jika dibiarkan begitu saja akan berakibat buruk bagi siswa. Siswa akan semakin kurang berminat dalam mempelajari matematika. Matematika akan terus berlanjut menjadi mata pelajaran yang paling dihindari bagi siswa. Namun, jika diteliti lebih lanjut, kesulitan belajar anak merupakan masalah yang harus ditanggulangi sejak dini karena akan mempengaruhi anak dalam karir akademi selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengertahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta dengan subjek guru dan siswa kelas V sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar operasi hitung pecahan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam pembelajaran operasi hitung pecahan terdiri dari faktor internal: sikap siswa terhadap pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, motivasi belajar siswa, dan kesehatan tubuh. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari media dan alat penunjang pembelajaran, sarana prasarana sekolah, lingkungan keluarga. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa adalah dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesulitan Belajar, Pecahan, Kelas V |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 01:50 |
Last Modified: | 17 May 2025 01:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |