Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially dengan Menerapkan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Hanandita, Meyda (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially dengan Menerapkan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006042_JUDUL__231201024325.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006042_BAB_I__231201024325.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006042_BAB_II__231201024325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006042_BAB_III__231201024325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006042_BAB_IV__231201024325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006042_BAB_V__231201024325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006042_DAFTAR_PUSTAKA__231201024325.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006042_LAMPIRAN__231201024325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memperlajari matematika serta adanya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran, selain itu pembelajaran yang pasif dan hanya berpusat pada guru membuat peserta didik tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan.
Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Instrumen dalam pengambilan penilaian menggunakan angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket respon peserta didik. Teknis analisis kelayakan penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis penilaian dari para validator dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Piyungan Bantul.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, berdasarkan uji kelayakan, multimedia pembelajaran berbasis genially termasuk pada kriteria layak untuk digunakan. Perolehan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil sebesar 89,84%, 87,50%, dan 90,59% dengan kriteria sangat baik sehingga media pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan. Penelitian ini hanya terbatas pada pengembangan media pembelajaran serta menguji kelayakan multimedia pembelajaran. Karakteristik dari media yang dihasilkan adalah (1) Media menyajikan etnomatematika dalam penyampaian materi, (2) Media merupakan media pembelajaran interaktif dengan simulasi dua arah, (3) Materi yang dimuat dalam media adalah bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP, (4) Media menyajikan video pembelajaran yang dijelaskan langsung oleh peneliti, (5) Media menyajikan contoh soal dan pembahasan yang dapat dipelajari oleh peserta didik, (6) Media menyajikan Kuis dengan dua jenis soal yaitu soal pilihan ganda dan menentukan benar atau salah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran Interaktif, Genailly, Bangun Ruang Sisi Datar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 May 2025 01:51
Last Modified: 17 May 2025 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83665

Actions (login required)

View Item View Item