Anggraeni, Vilda Tarita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Positif bagi Anak Tunarungu di SLB Islam Qothrunnada. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000006041_JUDUL__241102113943.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000006041_BAB_I__241102113943.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000006041_BAB_II__241102113943.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000006041_BAB_III__241102113943.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000006041_BAB_IV__241102113943.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000006041_BAB_V__241102113943.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006041_DAFTAR_PUSTAKA__241102113943.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000006041_LAMPIRAN__241102113943.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragam permasalahan yang teridentifikasi di SLB Islam Qothrunnada melalui wawancara terhadap guru kelas tunarungu SLB Islam Qothrunnada. Guru yang bersangkutan menuturkan bahwa ketersediaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika masih sangat terbatas. Selain itu banyak anak tunarungu yang mengalami kesulitan pada materi dasar seperti operasi hitung perkalian dan pembagian dikarenakan belum tersedianya media pembelajaran yang membantu peserta didik dalam memahami materi tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat positif untuk mengetahui kelayakan, kevalidan, dan kepraktisan media pembelajaran bagi anak tunarungu.
Penelitian pengembangan ini masuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri atas lima tahap meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validator penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunarungu SLB Islam Qothrunnada dengan uji coba kelas besar berjumlah 5 orang peserta didik dan uji coba kelas kecil berjumlah 3 orang peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Proses analisis data dilakukan menggunakan data kualitatif sebagai dasar data yang kemudian diubah ke dalam bentuk kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh kategori sangat valid dengan akumulasi persentase skor rata-rata ahli media sebesar 84,62�n persentase skor rata-rata ahli materi sebesar 81,33%. Skor hasil uji coba kelas kecil dan kelas besar diperoleh kategori sangat praktis dengan akumulasi persentase skor rata-rata sebesar 85,95%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi multimedia interaktif pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat positif layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk peserta didik tunarungu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Operasi Hitung, Perkalian dan Pembagian, Tunarungu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |