Warawilis, Denok (2025) Analisis Sentimen dan Opini Digital di Media Sosial X pada Isu #KaburAjaDulu. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100030034_JUDUL__250528045644.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100030034_BAB_I__250528045644.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100030034_BAB_II__250528045644.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100030034_BAB_III__250528045644.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100030034_BAB_IV__250528045644.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100030034_DAFTAR_PUSTAKA__250528045644.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2100030034_NASKAH__250528050101.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100030034_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250603121305.pdf Download (254kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana isu #KaburAjaDulu menjadi viral di media sosial serta bagaimana opini dan sentimen publik terbentuk melalui proses komunikasi digital. Berdasarkan analisis terhadap 1.045 tweet yang dikumpulkan dari media sosial X, ditemukan bahwa mayoritas cuitan mengandung sentimen negatif, yang secara konsisten mengungkapkan kekecewaan terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan masa depan di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Penelitian ini menggunakan web crawling untuk pengumpulan data berupa tweet dari akun X lalu di visualiasaikan menggunakan gephi software 0.10 untuk menganalisis centrality dari struktur jaringan yang terbentuk. Sedangkan pengklasifikasian sentimen menggunakan google spreadsheet dengan bantuan tools text analysis sentiment for google sheet.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Isu #KaburAjaDulu tidak hanya merupakan fenomena atau isu tren di ranah digital, tetapi juga mencerminkan proses pembentukan makna dan identitas sosial dalam lingkungan interaksi virtual. Media sosial berperan sebagai wadah interaksi simbolik yang memberi ruang bagi individu untuk secara terbuka mengungkapkan nilai-nilai, keyakinan, serta emosi mereka, yang kemudian membentuk opini bersama dan turut membangun realitas sosial yang disepakati bersama. Proses ini didorong oleh peran akun-akun berpengaruh dan algoritma media sosial yang mengangkat tagar ini ke posisi trending sehingga memindahkan perhatian dari individu. Metode Social Network Analysis (SNA), ditemukan bahwa penyebaran informasi masih belum efektif dengan dominasi komunikasi satu arah dan pembentukan klaster diskusi yang kurang interaktif. Analisis sentimen menunjukkan dominasi sentimen negatif dengan perolehan sebesar 96% yang mencerminkan kekecewaan publik serta sebagian kecil sentimen positif yakni sebesar 4% yang melihat isu tersebut sebagai peluang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis Sentimen, Teori Interaksionisme Simbolik, isu #KaburAjaDulu, Media Sosial X. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology P Language and Literature > P Philology. Linguistics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |