Hidayah, Ai Pipih Parhatul (2025) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Academic Hardiness pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100001024_JUDUL__250602105522.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100001024_BAB_I__250531044542.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100001024_BAB_II__250531044542.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100001024_BAB_III__250531044542.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100001024_BAB_IV__250531044542.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100001024_BAB_V__250531044542.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100001024_DAFTAR_PUSTAKA__250531044542.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2100001024_LAMPIRAN__250531044542.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100001024_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250602095953.pdf Download (253kB) |
Abstract
Academic hardiness penting dimiliki siswa karena membantu mereka tetap tangguh, berkomitmen, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tekanan akademik seperti tugas, ujian, atau kegagalan belajar. Untuk itu, diperlukan upaya yang tepat guna mengembangkannya, salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Teknik ini melatih siswa mengenali masalah, mencari solusi bersama, komitmen dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan academic hardiness pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group pretest-posttest Design. Subjek penelitian dipilih dengan total 14 siswa, yaitu 7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala academic hardiness yang telah diuji validitasnya menggunakan product moment dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sebagian besar data berdistribusi normal, kecuali data post-test kelompok eksperimen yang tidak berdistribusi normal (Sig. < 0> 0,05). Karena asumsi normalitas tidak sepenuhnya terpenuhi, maka digunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U, untuk mengetahui perbedaan skor academic hardiness antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan academic hardiness siswa. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukan nilai Asymp. Sig. (0,002) < 0,05, yang berarti dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan academic hardiness pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan academic hardiness siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Academic Hardiness, Bimbingan Kelompok, Teknik problem sol |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 08:02 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 08:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |