Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Academic Hardiness pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan

Hidayah, Ai Pipih Parhatul (2025) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Academic Hardiness pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2100001024_JUDUL__250602105522.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2100001024_BAB_I__250531044542.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2100001024_BAB_II__250531044542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2100001024_BAB_III__250531044542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2100001024_BAB_IV__250531044542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2100001024_BAB_V__250531044542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2100001024_DAFTAR_PUSTAKA__250531044542.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2100001024_LAMPIRAN__250531044542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100001024_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250602095953.pdf

Download (253kB)

Abstract

Academic hardiness penting dimiliki siswa karena membantu mereka tetap tangguh, berkomitmen, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tekanan akademik seperti tugas, ujian, atau kegagalan belajar. Untuk itu, diperlukan upaya yang tepat guna mengembangkannya, salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Teknik ini melatih siswa mengenali masalah, mencari solusi bersama, komitmen dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan academic hardiness pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group pretest-posttest Design. Subjek penelitian dipilih dengan total 14 siswa, yaitu 7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala academic hardiness yang telah diuji validitasnya menggunakan product moment dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sebagian besar data berdistribusi normal, kecuali data post-test kelompok eksperimen yang tidak berdistribusi normal (Sig. < 0> 0,05). Karena asumsi normalitas tidak sepenuhnya terpenuhi, maka digunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U, untuk mengetahui perbedaan skor academic hardiness antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan academic hardiness siswa. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukan nilai Asymp. Sig. (0,002) &lt; 0,05, yang berarti dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan academic hardiness pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan academic hardiness siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Academic Hardiness, Bimbingan Kelompok, Teknik problem sol
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:02
Last Modified: 05 Jun 2025 08:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84075

Actions (login required)

View Item View Item