Pengembangan Modul Bermuatan Pendidikan Karakter Toleransi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segi Empat Siswa Siswa

Miftahul, Huda and Hardi, Suyitno and Puguh Wahyu, Prasetyo (2025) Pengembangan Modul Bermuatan Pendidikan Karakter Toleransi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segi Empat Siswa Siswa. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_230008050014_JUDUL.pdf] Text
T2_230008050014_JUDUL.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of T2_230008050014_BAB I.pdf] Text
T2_230008050014_BAB I.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of T2_230008050014_BAB III.pdf] Text
T2_230008050014_BAB III.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of T2_230008050014_BAB II.pdf] Text
T2_230008050014_BAB II.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of T2_230008050014_BAB IV.pdf] Text
T2_230008050014_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of T2_230008050014_BAB V.pdf] Text
T2_230008050014_BAB V.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of T2_230008050014_Daftar Pustaka.pdf] Text
T2_230008050014_Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of T2_230008050014_Lampiran.pdf] Text
T2_230008050014_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap toleransi, kemampuan kolaborasi, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, khususnya pada materi segiempat. Hasil studi awal di SMP Negeri 1 Pemalang menunjukkan bahwa 43,75% siswa memiliki sikap toleransi rendah, 86,11% mengalami kesulitan berkolaborasi, dan rata-rata skor pretest pemecahan masalah hanya mencapai 39,87% dari total nilai maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran matematika bermuatan pendidikan karakter toleransi dengan model Problem-Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif bahan ajar inovatif bagi guru dan siswa sekaligus menjadi referensi dalam pengembangan perangkat ajar berbasis pendidikan karakter. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pemalang. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, serta tes kemampuan pemecahan masalah.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi dan media dengan kategori “valid”, praktis berdasarkan angket respon siswa dengan kategori “sangat praktis”, serta efektif ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai gain yang signifikan pada tes pemecahan masalah. Dengan demikian, modul pembelajaran bermuatan pendidikan karakter toleransi berbasis PBL ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi segiempat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Miftahul Huda
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:39
Last Modified: 25 Aug 2025 07:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/86339

Actions (login required)

View Item View Item