Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif : Baru Sitar menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII

Khumaira, Anindya Putri (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif : Baru Sitar menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006103_JUDUL__240126090901.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006103_BAB_I__240126090901.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006103_BAB_II__240126090901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006103_BAB_III__240126090901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006103_BAB_IV__240126090901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006103_BAB_V__240126090901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006103_DAFTAR_PUSTAKA__240126090901.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006103_LAMPIRAN__240126090901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMP N 1 Candiroto yaitu hasil belajar siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar tergolong rendah dilihat dari rata-rata penilaian harian siswa pada materi bangun ruang sisi datar selama 3 tahun yaitu 62,59 sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 75. Hal tersebut didukung dengan hasil kuesioner siswa bahwa terdapat 20 dari 32 siswa masih kesulitan dalam memvisualkan permasalahan geometri khususnya bangun ruang sisi datar. Selain itu, penggunaan multimedia pembelajaran interaktif belum diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif baru sitar menggunakan articulate storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII serta mengetahui kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif baru sitar yang telah dikembangkan.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa kelas IX A SMP N 1 Candiroto. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Wawancara dilakukan kepada guru pra penelitian sedangkan angket digunakan sebagai observasi pra penelitian, penilaian ahli materi, penilaian ahli media, dan respons siswa yang di analisis secara deskriptif kualiatatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata penilaian ahli materi adalah 79 dari 85 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata penilaian ahli media adalah 94 dari 100 dengan kriteria sangat baik, dan skor rata rata respons siswa adalah 73,3 dari 85 dengan kriteria sangat baik. Media dikatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran apabila penilaian dari para ahli dan respons siswa minimal termasuk pada kriteria cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif baru sitar yang dikembangkan menggunakan articulate storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: matematika, bangun ruang sisi datar, multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline 3, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 27 Apr 2024 05:44
Last Modified: 27 Apr 2024 05:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61984

Actions (login required)

View Item View Item