Halimatusyadiah, Nadila (2024) Pengembangan media Island Academic Hardiness (ICHA) tentang academic hardiness dalam bimbingan kelompok siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001033_JUDUL__240309065955.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001033_BAB_I__240309065955.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001033_BAB_II__240309065955.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001033_BAB_III__240309065955.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001033_BAB_IV__240309065955.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001033_BAB_V__240309065955.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001033_DAFTAR_PUSTAKA__240309065955.pdf Download (448kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001033_LAMPIRAN__240309065955.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Karakter Academic Hardiness merupakan konsep yang penting dalam pendidikan. Hal ini berkaitan dengan kemampuan individu untuk menghadapi tantangan akademik dengan keyakinan, ketahanan dan motivasi yang tinggi. Dengan academic hardiness peserta didik akan mampu menghadapi tantangan yang tidak terduga. Maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media permainan Island Academic Hardiness (ICHA) yang layak tentang academic hardiness serta mengetahui kelayakan menurut ahli materi, ahli media dan ahli layanan bimbingan konseling.
Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development), bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang dilalui dengan berbagai macam proses pengembangan. Metode ini menggunakan model Borg and Gall sampai tahap ke lima yaitu revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala dan wawancara. Instrumen penelitian mengunakan instrumen penilaian uji validasi skala, ahli materi, ahli media dan ahli layanan. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang didapat dari data berupa saran dan komentar uji ahli dan dianalisis menggunakan model interaktif serta teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang didapat dari data berupa numerik persentase oleh uji ahli.
Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil validasi ahli dari penelitian sebagai berikut, validasi ahli materi mendapat penilaian akhir sebesar 93,75 dengan kategori sangat baik. Kemudian untuk hasil validasi media memperoleh penilaian akhir sebesar 60 dengan kategori baik dan hasil dari validasi ahli layanan mendapat penilaian akhir sebesar 92,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut maka media Island Academic Hardiness (ICHA) tentang academic hardiness layak untuk digunakan baik untuk peserta didik maupun guru bimbingan dan konseling. Dengan itu peneliti harap media Island Academic Hardiness (ICHA) dapat memberikan kontribusi dengan menyedikan metode, alat yang dapat membantu guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Academic hardiness, bimbingan kelompok, island academic hardiness |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62173 |
Actions (login required)
View Item |