Keefektifan teknik bibliocounseling muatan cerita rakyat untuk mereduksi perilaku agresif siswa

A'yunin Hamza, Qurrota (2024) Keefektifan teknik bibliocounseling muatan cerita rakyat untuk mereduksi perilaku agresif siswa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001089_JUDUL__240425091519.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001089_BAB_I__240425091519.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001089_BAB_II__240425091519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001089_BAB_III__240425091519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001089_BAB_IV__240425091519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001089_BAB_V__240425091519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001089_DAFTAR_PUSTAKA__240425091519.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001089_LAMPIRAN__240425091519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum pendidikan saat ini mengajak siswa untuk memiliki nilai-nilai pancasila, self compassion atau welas asih adalah sikap atau perilaku yang terkandung dalam nilai-nilai pancasila. Sekarang ini sikap tersebut semakin
berkurang pada diri siswa saat ini dan berganti dengan sikap atau perilaku agresif. Perilaku agresif pada remaja terjadi karena banyak faktor yang menyebabkan atau mempengaruhinya, diantaranya yaitu faktor lingkungan, pengaruh pergaulan yang negatif, pengawasan orang tua yang kurang, pengaruh tayangan kekerasan, dan cara berpikir remaja yang cenderung impulsif. Guru BK memiliki peran penting di sekolah untuk dalam menangani perilaku agresif ini. Layanan konseling kelompok teknik bibliocounseling bisa menjadi alternatif guru BK dalam mengurangi perilaku agresif siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
bibliocounseling muatan cerita rakyat Ronggolawe dalam mereduksi perilaku agresif siswa.
Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design type one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMPN 1 Palang Tahun
Ajaran 2023/2024 sebanyak 294 siswa, sedangkan sample dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang ditentukan melalui purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku agresif dengan analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa skor mean pretest sebesar 93,875 dan perolehan skor mean posttest sebesar 62,125 dikuatkan dengan hasil uji Wilcoxon sebesar 0,012 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan setelah dilaksanakannya layanan teknik bibliocounseling muatan cerita rakyat Ronggolawe dapat dikatakan efektif untuk mengatasi permasalahan perilaku agresif siswa.
Diharapkan dari penelitian ini bisa menjadi alternatif solusi untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling, khususnya dengan topik perilaku agresif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Perilaku agresif, bibliocounseling, cerita rakyat Ronggolawe
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 May 2024 02:18
Last Modified: 10 May 2024 02:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62181

Actions (login required)

View Item View Item