Fransetio, Mohamad Cipto (2024) Analisis isi respon publik dalam postingan Presiden Joko Widodo di sosial media Twitter. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900030129_JUDUL__240323123236.pdf Download (735kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900030129_BAB_I__240323123236.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900030129_BAB_II__240323123236.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900030129_BAB_III__240323123236.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900030129_BAB_IV__240323123236.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030129_DAFTAR_PUSTAKA__240323123236.pdf Download (185kB) |
Abstract
Media sosial merupakan teknologi komunikasi yang digunakan dengan mudah dalam berbagi dan menciptakan isi informasi meliputi blog, jejaring sosial, dan forum diskusi secara virtual. Media sosial sering digunakan bagi para pemimpin di berbagai negara termasuk Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo yang menggunakan media sosial Twitter atau X dalam menyampaikan informasi berupa hasil kerja dan kegiatan yang lain agar dapat diketahui masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat memantau dan memberikan respon yang baik atau respon yang buruk jika terdapat permasalahan.
Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam mengumpulkan data relevan peneliti menggunakan teknik crawling data dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas data, peneliti harus memahami subjek penelitian yang diteliti dalam hal ini adalah respon publik yang didapatkan melalui pengambilan data respon publik di Twitter secara lengkap menggunakan website berbayar.
Respon publik berupa komentar dalam postingan Joko Widodo memiliki empat kategori respon yaitu positif sebanyak 31%, komentar netral 44%, komentar negatif 14%, dan komentar lainnya sebanyak 11%. Masing-masing kategori memiliki sub-kategori. Komentar positif, seperti menyetujui, memperkuat, dukungan, dan pujian. Komentar netral, seperti tidak memihak, permohonan, memberikan saran, dan pertanyaan. Komentar negatif, seperti penghinaan, sindiran, pengaruh negatif, menolak, dan merugikan pihak lain. Komentar lainnya seperti emoji, tulisan tidak bermakna, dan tautan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | pemanfaatan media sosial, twitter, pemerintah, presiden, respon publik, analisis isi |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:30 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62252 |
Actions (login required)
View Item |