Studi komparasi implementasi kurikulum Kuttab Daarussalaam Yogyakarta dan Kuttab Ibnu Abbas Klaten

Nugroho, Adi Bayu (2024) Studi komparasi implementasi kurikulum Kuttab Daarussalaam Yogyakarta dan Kuttab Ibnu Abbas Klaten. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207052041_JUDUL__240304042614.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207052041_BAB_I__240304042614.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207052041_BAB_II__240304042614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207052041_BAB_III__240304042615.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207052041_BAB_IV__240304042615.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207052041_BAB_V__240304042615.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052041_DAFTAR_PUSTAKA__240304042615.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga Pendidikan. Selama ini pendidikan Indonesia sudah mengalami banyak perombakan kurikulum. Tidak heran kemudian semakin banyak muncul berbagai lembaga pendidikan dengan kajian-kajian model pendidikan yang beragam, diantaranya adalah Kuttab yang merupakan model pendidikan klasik yang muncul kembali di masa ini. Keberhasilan kurikulum kuttab dimasa silam melahirkan orang-orang besar perlu dikaji kembali. Penelitian ini bertujuan menganalisis komparasi konsep kurikulum Kuttab Daarussalaam dan Kuttab Ibnu Abbas dan menganalisis persamaan dan perbedaan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif ini didukung oleh data yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan di Kuttab Daarussalaam dan Kuttab Ibnu Abbas. Perolehan data diolah dengan cara triangulasi data dan triangulasi Teknik yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep kurikulum Kuttab Daarussalaam dan Kuttab Ibnu Abbas memiliki landasan sejarah yang sama dan penekanan kurikulum utama yang sama yaitu kurikulum Iman dan Al-Qur’an yang mengacu pada Pola tarbiyah zaman Rasulullah SAW dan para Shahabat yang telah terbukti menghasilkan generasi terbaik ummat ini. Kuttab Daarussalaam dan Kuttab Ibnu Abbas memiliki banyak persamaan pada aspek konsep dasar, tujuan, isi, metode dan evaluasi. Adapun perbedaan yang ditemukan ada pada penamaan kelas, jumlah mata pelajaran, tahapan evaluasi, sistem kontrol pada metode pengajaran, struktur lembaga dan beberapa hal lain seperti kitab yang digunakan. Implementasi kelas iman Kuttab Daarussalaam dan Ibnu Abbas adalah tidak adanya pendikotomian antara ilmu agama dan ilmu umum. Ilmu umum adalah ilmu yang diturunkan dari Al-Qur’an yang mengajarkan berbagai bentuk ketaqwaan. Mata pelajaran apapun harus berbuah keimanan dan amal sholeh. Bahkan di Kuttab Ibnu setelah iman, amal sholeh juga membuahkan proyek dakwah. Pada kurikulum Al-Qur’an siswa dipandu dan dituntun untuk menghafal Al Quran, menulis dan membaca huruf hijaiyah secara benar sesuai dengan makhrojnya.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: konsep kurikulum, kurikulum kuttab, komparasi kurikulum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 03 May 2024 02:08
Last Modified: 03 May 2024 02:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62342

Actions (login required)

View Item View Item