Ramadanti, Nurinisa (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik Restrukturisasi Kognitif untuk meningkatkan optimisme akademik peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001012_JUDUL__240325124450.pdf Download (794kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001012_BAB_I__240325124450.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001012_BAB_II__240325124450.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001012_BAB_III__240325124450.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001012_BAB_IV__240325124450.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001012_BAB_V__240325124450.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001012_DAFTAR_PUSTAKA__240325124450.pdf Download (244kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001012_LAMPIRAN__240325124450.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kehadiran optimisme akademik memainkan pengaruh yang signifikan dalam perjalanan pendidikan peserta didik. Kemajuan akademik peserta didik dapat dipengaruhi oleh tingkat optimisme akademik mereka. Peserta didik menunjukkan tingkat optimisme akademik yang rendah, yang disertai dengan kurangnya motivasi atau tekad dalam proses pembelajaran di sekolah. Perlu adanya pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan masalah ini oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah, terutama permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya optimisme akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan pendekatan restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan optimisme akademik peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-eksperiment design dengan design penelitian one-group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 5 peserta didik kelas X tahun ajaran 2023/2024 di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Optimisme akademik diukur menggunakan skala optimisme akademik yang telah diuji validitas menggunakan rumus product moment menghasilkan 32 item pernyataan valid dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan 0.896 > 0,60 menunjukan bahwa skala optimisme reliabel. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Paired Samples t-test.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperolah hasil rata-rata pretest 63 dan posttest 69,6 sehingga peningkatan optimisme akademik peserta didik sebesar 10,4% setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik resktrukturisasi kognitif. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples t-test diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < α (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terbukti efektif dalam meningkatkan optimisme akademik peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Optimisme akademik, konseling kelompok, restrukturisasi kognitif |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:42 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62454 |
Actions (login required)
View Item |