Keefektifan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pajangan

Murti, Ananda Rico Kresna (2024) Keefektifan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pajangan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001021_JUDUL__240325011319.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001021_BAB_I__240325011319.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001021_BAB_II__240325011319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001021_BAB_III__240325011319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001021_BAB_IV__240325011319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001021_BAB_V__240325011319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001021_DAFTAR_PUSTAKA__240325011319.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001021_LAMPIRAN__240325011319.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh siswa menengah atas pada tahap akhir remaja yang mengalami kebingungan atas kurangnya kematangan pemilihan karir. Setiap individu tentunya memiliki kemampuan dalam menentukan tingkat kematangan pemilihan karir yang berbeda-beda. Kematangan pemilihan karir ditandai oleh kemampuan siswa untuk merencanakan atau menetapkan karir secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas XII SMA N 1 Pajangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Peneliti menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design dengan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 177 siswa. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 8 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan pemilihan karir. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan paried sample t-test.
Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh hasil rata-rata pretest 137.25 dan posttest 170 sehingga peningkatan kematangan pemilihan karir siswa sebesar 23,4%. Hasil analisis menggunakan paried sample t-test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, karena 0,000 (<0,005) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukan bahwa adanya peningkatan kematangan pemilihan karir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dilakukan untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas XII SMA N 1 Pajangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bimbingan kelompok, teknik homeroom, kematangan pemilihan karir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:51
Last Modified: 26 Apr 2024 08:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62461

Actions (login required)

View Item View Item