Ratri, Aisyah Rini Wahyu (2024) Pengaruh model pembelajaran scramble pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1911007016_JUDUL__240323111913.pdf Download (876kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1911007016_BAB_I__240323111913.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1911007016_BAB_II__240323111913.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1911007016_BAB_III__240323111913.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1911007016_BAB_IV__240323111913.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1911007016_BAB_V__240323111913.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1911007016_DAFTAR_PUSTAKA__240323111913.pdf Download (477kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal diantaranya ketertarikan siswa pada pembelajaran fisika sangat rendah, siswa masih banyak merasa ketakutan dengan pembelajaran fisika. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pun masih sangat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Scramble pada hasil belajar dan keaktifan siswa.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini yaitu RPP, soal pretest posttes dan lembar observasi keaktifan siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar setelah diberikan dua teknik pembelajaran yang berbeda.
Dari analisis deskriptif menunjukkan kelas eksperimen nilai posttest 79,80, sedangkan kelas kontrol nilai posttest rata-rata sebesar 60,57. Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 66,21%, termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan uji coba paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan pengamatan kelas diperoleh persentase aktivitas sebesar 88,46%. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dan keaktifan siswa antara model pembelajaran Scramble dan model pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Scramble, diskusi, quasi eksperimen, hasil belajar, keaktifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:56 |
Last Modified: | 04 May 2024 03:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62873 |
Actions (login required)
View Item |