Analisis penerapan model Problem Based Learning dalam pengamalan Pancasila untuk menunjang kecakapan hidup abad 21 di Kelas IV SD N Selomulyo

Laksita, Aqhila Ridha (2024) Analisis penerapan model Problem Based Learning dalam pengamalan Pancasila untuk menunjang kecakapan hidup abad 21 di Kelas IV SD N Selomulyo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005100_JUDUL__240305093750.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005100_BAB_I__240305093751.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005100_BAB_II__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005100_BAB_III__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005100_BAB_IV__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005100_BAB_V__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005100_DAFTAR_PUSTAKA__240305093751.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005100_LAMPIRAN__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005100_NASKAH_PUBLIKASI__240305093751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Menghadapi abad ke-21 kecakapan menjadi poin penting dalam memecahkan masalah, terutama dalam bidang pendidikan. Diperlukan Peran Pendidikan untuk menyiapkan penerus bangsa yang siap bersaing di era globalisasi. Maka tantangan bagi guru yaitu untuk membuat peserta didik siap dalam menghadapi tantangan abad 21. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam keterampilan abad 21 adalah model pembelajaran problem based learning. Penerapan model problem based learning pada materi Pancasila di SD N Selomulyo belum terlaksana dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan langkah penerapan, faktor pendukung dan penghambat model problem based learning dalam pengamalan Pancasila untuk menunjang kecakapan hidup abad 21 di kelas IV SD N Selomulyo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N Selomulyo yang beralamat di Sembung, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah wali kelas, kepala sekolah dan peserta didik. Objek penelitian adalah implementasi model problem based learning yang ada di SD N Selomulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar pedoman wawancara, dan pedoman telaah dokumentasi. Pada penelitian ini salah satu cara untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan data, dan menarik dan verifikasi kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Keterampilan abad 21, Kompetensi 4C, Model problem based learning, Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 07 May 2024 04:06
Last Modified: 07 May 2024 04:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62965

Actions (login required)

View Item View Item