Laksita, Aqhila Ridha (2024) Analisis penerapan model Problem Based Learning dalam pengamalan Pancasila untuk menunjang kecakapan hidup abad 21 di Kelas IV SD N Selomulyo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005100_JUDUL__240305093750.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005100_BAB_I__240305093751.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005100_BAB_II__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005100_BAB_III__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005100_BAB_IV__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005100_BAB_V__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005100_DAFTAR_PUSTAKA__240305093751.pdf Download (183kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005100_LAMPIRAN__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005100_NASKAH_PUBLIKASI__240305093751.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
Abstract
Menghadapi abad ke-21 kecakapan menjadi poin penting dalam memecahkan masalah, terutama dalam bidang pendidikan. Diperlukan Peran Pendidikan untuk menyiapkan penerus bangsa yang siap bersaing di era globalisasi. Maka tantangan bagi guru yaitu untuk membuat peserta didik siap dalam menghadapi tantangan abad 21. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam keterampilan abad 21 adalah model pembelajaran problem based learning. Penerapan model problem based learning pada materi Pancasila di SD N Selomulyo belum terlaksana dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan langkah penerapan, faktor pendukung dan penghambat model problem based learning dalam pengamalan Pancasila untuk menunjang kecakapan hidup abad 21 di kelas IV SD N Selomulyo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N Selomulyo yang beralamat di Sembung, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah wali kelas, kepala sekolah dan peserta didik. Objek penelitian adalah implementasi model problem based learning yang ada di SD N Selomulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar pedoman wawancara, dan pedoman telaah dokumentasi. Pada penelitian ini salah satu cara untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan data, dan menarik dan verifikasi kesimpulan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keterampilan abad 21, Kompetensi 4C, Model problem based learning, Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:06 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62965 |
Actions (login required)
View Item |