Thoriq, Alfan (2024) Model berbagi praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046027_JUDUL__240322012649.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046027_BAB_I__240322012649.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046027_BAB_II__240322012649.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046027_BAB_III__240322012649.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046027_BAB_IV__240322012649.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046027_BAB_V__240322012649.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046027_DAFTAR_PUSTAKA__240322012649.pdf Download (229kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046027_LAMPIRAN__240322012649.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan berbagi praktik baik serta mengungkap model berbagi praktik baik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMA Negeri 1 Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pemali pada bulan September-Desember 2023. Sumber data penelitian berjumlah enam orang partisipan yang terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Analisis data dilakukan dengan bantuan software Atlas t.i versi 9. Hasil penelitian menunjukkan situasi latar belakang kegiatan berbagi praktik baik IKM di SMA Negeri 1 Pemali yaitu (1) paradigma pembelajaran baru Kurikulum Merdeka dan (2) hasil raport pendidikan tentang kemampuan literasi, sedangkan tantangan dalam berbagi praktik baik ini yaitu (1) kesiapan sumber daya manusia dan (2) budaya belajar. Langkah strategis yang dilakukan untuk menjawab situasi dan tantangan tersebut yaitu (1) memaksimalkan peran komunitas belajar, (2) pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, (3) mengikuti Program Guru Penggerak, (4) melaksanakan praktik baik Mutik Kembang Lms, (5) melaksanakan praktik baik Repetisi Berdikari, (6) kolaborasi melalui studi tiru, dan (7) memaksimalkan dukungan stakeholder. Dari hasil evaluasi diketahui dampak yang dihasilkan dari kegiatan berbagi praktik baik IKM di SMA Negeri 1 Pemali yaitu (1) budaya refleksi dan (2) aktualisasi diri. Kemudian faktor keberhasilan berbagi praktik baik yaitu (1) pengimbasan dan pendampingan, (2) reinforcement, (3) hidden curriculum. Sedangkan hasil pembelajaran dari kegiatan berbagi praktik baik ini adalah (1) terbentuknya budaya positif sekolah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | implementasi kurikulum merdeka, praktik baik, model berbagi praktik baik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 06 May 2024 07:51 |
Last Modified: | 06 May 2024 07:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63089 |
Actions (login required)
View Item |