Rahmadi Astuti, Fida (2024) Pengembangan LKPD pada materi bangun ruang berbasis Augmented Reality dengan model Project Based Learning bagi siswa tunagrahita. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006079_JUDUL__240321091439.pdf Download (899kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006079_BAB_I__240321091439.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006079_BAB_II__240321091439.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006079_BAB_III__240321091439.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006079_BAB_IV__240321091439.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006079_BAB_V__240321091439.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006079_DAFTAR_PUSTAKA__240321091439.pdf Download (226kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006079_LAMPIRAN__240321091439.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa tunagrahita di SLB Bhakti Kencana 1 Berbah dalam pemahaman konsep yang masih tergolong rendah terhadap materi bangun ruang. Hal itu bisa diketahui dari hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang yang dilakukan peneliti kepada siswa tunagrahita. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensiaonal tanpa media pendukung secara praktis untuk proses pembelajaran. Media yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran adalah media yang bisa menyesuaikan karakteristik siswa tunagrahita. Karakteristik tunagrahita salah satunya adalah lambat dalam mengolah informasi dikarenakan kemampuan mengingatnya hanya dalam jangka waktu pendek. Sehingga dalam pembelajaran perlu difokuskan pada proses yang bisa membantu siswa dalam mengolah informasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD pada materi bangun ruang berbasis Augmented Reality dengan model Project Based Learning bagi siswa tunagrahita.
Metode penelitian ini adalah penelitian berupa Research and Development (R&D) yang dalam proses pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SLB Bhakti Kencana 1 Berbah dengan subjek 6 siswa tunagrahita. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes kemampuan awal, wawancara, serta angket. Instrumen penelitian menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta instrumen untuk respon siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif yang kemudian menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skor skala Likert.
Berdasarkan uji validasi LKPD berbasis Augmented Reality tergolong dalam kategori valid dari aspek media dengan perolehan skor rata-rata mencapai 53 dengan kategori sangat baik dan dari aspek materi sebesar 105 dengan kategori sangat baik, sedangkan dari aspek respon siswa LKPD berbasis Augmented Reality mencapai 57,67 dengan kategori baik berada dalam kategori praktis. Sehingga LKPD berbasis Augmented Reality dapat dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa tunagrahita. Penggunaan LKPD berbasis Augmented Reality didukung dengan animasi yang menarik namun untuk mengoperasikan LKPD hanya dapat diakses di Smartphone android saja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, bangun ruang, augmented reality, model project based learning, siswa tunagrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:15 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63307 |
Actions (login required)
View Item |