Rahmawati, Dewi (2024) Pengembangan LKPD menggunakan BookWidgets untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi persamaan linear. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006068_JUDUL__240321103839.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006068_BAB_I__240321103839.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006068_BAB_II__240321103839.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006068_BAB_III__240321103839.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006068_BAB_IV__240321103839.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006068_BAB_V__240321103839.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006068_DAFTAR_PUSTAKA__240321103839.pdf Download (281kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006068_LAMPIRAN__240321103839.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMP Negeri 2 Playen. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami soal-soal numerasi, merumuskan model matematika pada soal numerasi pada materi persamaan linear. Selain itu, penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik ) di SMP Negeri 2 Playen masih terbatas dan belum pernah menggunakan LKPD digital. Penelitian in bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis BookWidgets pada materi persamaan linear untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMP Negeri 2 Playen.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Playen. Sebelum diujicobakan, LKPD divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba LKPD dilakukan pada kelas kecil dan kelas besar untuk mengetahui respons peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan serta melakukan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pada kemampuan literasi numerasi peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase penilaian ahli materi sebesar 66% kategori valid dan ahli media 94,4% termasuk pada kategori sangat valid; 2) persentase respon peserta didik pada uji coba kelas kecil sebesar 87,2% uji coba kelas sebesar 90,46% termasuk pada kategori sangat praktis; 3) terdapat peningkatan rata-rata dari hasil pretest dan posttest yaitu sebesar 4,7 atau setara dengan 62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD menggunakan BookWidgets pada materi persamaan linear ini efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 2 Playen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, BookWidgets, persamaan linear, literasi numerasi, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:46 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63328 |
Actions (login required)
View Item |