Pengembangaan media ular tangga multikultural UTMK dalam menciptakan learning to live together pada mata pelajaran pendidikan pancasila di Sekolah Dasar

Wardani, Ella Kusuma (2024) Pengembangaan media ular tangga multikultural UTMK dalam menciptakan learning to live together pada mata pelajaran pendidikan pancasila di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005209_JUDUL__240217014653.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005209_BAB_I__240217014653.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005209_BAB_II__240217014654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005209_BAB_III__240217014654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005209_BAB_IV__240217014654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005209_BAB_V__240217014654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005209_DAFTAR_PUSTAKA__240217014654.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005209_LAMPIRAN__240217014654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005209_NASKAH_PUBLIKASI__240217014655.pdf

Download (199kB)

Abstract

Permasalahan penurunan toleransi akan keberagaman menjadi tantangan bagi generasi mudah dalam beradaptasi dan menyeimbangkan kedudukan dengan kemajuan teknologi. Hal ini diperparah dengan kondisi sosial yang beragam dan dibarengi kondisi kultural di Indonesia. Tujuan penelitian ini dengan melalui Pendidikan Pancasila harapannya dapat menjadi pijakan dalam memberikan pemberian wawasan serta pembentukan karakter peserta didik melalui internalisasi nilai multikultural. Adapun fokus penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran ular tangga multikultural (UTMK) dalam menciptakan learning to live together pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.
Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan, yaitu 1) Analyze (Menganalisis), 2) Design (Merancang), 3) Develop (Mengembangkan), 4) Implement (Mengimplementasi/Menerapkan), dan 5) Evaluate (Mengevaluasi). Kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan media ular tangga multikultural adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Uji kualitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa dalam menilai respon media ular tangga multikultural diperoleh dari hasil uji coba pada guru dan peserta didik.
Hasil validasi kualitas media ular tangga multikultural memperoleh persentase rata-rata 86% yang masuk dalam kategori sangat baik, hasil masing-masing ahli memperoleh penilaian akhir, diantaranya 1) ahli media 77,3%, 2) ahli materi 82%, 3) ahli pembelajaran 92%, 4) ahli bahasa 86,6%. Uji coba terhadap media ular tangga multikultural (UTMK) dalam menciptakan learning to live together pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar, juga dilakukan kepada guru dan peserta didik untuk mengetahui kualitas media ular tangga multikultural memperoleh nilai 86�ri guru dan 87,4�ri peserta didik kelas IV di SDN Giwangan memperoleh persentase 86,4% yang masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Media ular tangga multikultural dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan sangat berkualitas dan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, kontribusi penelitian ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung learning to live together di sekolah dasar serta memperluas pemahaman siswa akan nilai Pancasila dalam konteks kehidupan bermasyarakat yang beragam.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Multicultural snakes and ladders media(utmk), learning to live together, pancasila education, elementary school
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 14 May 2024 06:27
Last Modified: 14 May 2024 06:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63348

Actions (login required)

View Item View Item