Implementasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menguatkan nilai kesopanan pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Pamungkas, Bayu Putra (2024) Implementasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menguatkan nilai kesopanan pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800009038_JUDUL__240325022403.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800009038_BAB_I__240325022403.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800009038_BAB_II__240325022403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800009038_BAB_III__240325022403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800009038_BAB_IV__240325022403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800009038_BAB_V__240325022403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800009038_DAFTAR_PUSTAKA__240325022403.pdf

Download (152kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah. Salah satu karakter yang perlu diperkuat di era sekarang adalah kesopanan. Penelitian ini dilatarbelakang dengan adanya siswa tidak memperhatikan dan asik mengobrol dengan teman sebangkunya ketika guru sedang melakukan kegiatan mengajar, membantah ketika diberi nasihat dan merokok diluar sekolah namun masih menggunakan atribut sekolah, kasus ini terjadi di banyak sekolah yang ada di indonesia. Masalah tersebut sangat tidak mencerminkan perilaku yang sopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PPKn Dalam Penguatan Nilai Kesopanan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Dalam Mata Pelajaran PPKn.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PPKn dan siswa. Objek penelitian ini yaitu Peran Guru PPKn Dalam Penguatan Nilai Kesopanan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Dalam Mata Pelajaran PPKn. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru PPKn Dalam Penguatan Nilai Kesopanan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Dalam Mata Pelajaran PPKn yaitu (1) Guru berperan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan mengintegrasikan indikator nilai kesopanan didalamnya, guru berperan ; a. Sumber belajar, b. Sebagai fasilitator, c. Sebagai pengelola, d. Pembimbing, e. Motifator, f. Evaluator. (2) Peran guru PPKn dalam pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai teacher control yaitu guru berperan dalam menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan dengan begitu nilai kesopanan dapat terimplementasi dengan baik pada diri peserta didik dan (3) Peran Guru PPKn dalam Evaluasi Pembelajaran Dalam Membentuk Nilai Kesopanan Pada Siswa yaitu sebagai seorang Analisa dan Motivator dimana, a. Guru berperan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam menyerap materi yang di sampaikan. b. guru berperan dalam mengumpulkan informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: implementasi peran guru ppkn, penguatan, nilai kesopanan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: user fk
Date Deposited: 15 May 2024 06:59
Last Modified: 15 May 2024 06:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63434

Actions (login required)

View Item View Item