Andien, Novian Indah Marry (2024) Hubungan antara problematic social media use dengan prestasi belajar pada siswa sekolah menengah atas. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013110_JUDUL__240314110401.pdf Download (625kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000013110_BAB_I__240314111742.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000013110_BAB_II__240314104712.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013110_BAB_III__240314104712.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013110_BAB_IV__240314104712.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013110_BAB_V__240314104712.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013110_DAFTAR_PUSTAKA__240314104712.pdf Download (150kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013110_LAMPIRAN__240314104712.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013110_NASKAH_PUBLIKASI__240314104712.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara problematic social media use dengan prestasi belajar pada siswa sekolah menengah atas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 siswa menggunakan teknik accidental sampling dari 645 jumlah populasi siswa SMA Negeri 1 Depok. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala problematic sosial media use dan studi dokumentasi hasil prestasi belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata ujian tengah semester gasal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh koefisien korelasi antara problematic social media use dengan prestasi belajar sebesar -0,212 dengan taraf signifikansi sebesar 0,006 (p<0,05). Dengan demikian, bahwa hipotesis diterima yang artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara problematic social media use dengan prestasi belajar pada siswa sekolah menengah atas. Sumbangan efektif problematic social media use terhadap prestasi belajar sebesar 4,49%. Hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara problematic social media use dengan prestasi belajar. Semakin tinggi tingkat problematic social media use maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah tingkat problematic social media use maka akan semakin tinggi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | prestasi belajar, problematic sosial media use, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63438 |
Actions (login required)
View Item |