Manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian teknik otomatif di SMK Muhammadiyah Tanjung Redep-Berau

Muthmainnatun, Inna Robbani (2024) Manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian teknik otomatif di SMK Muhammadiyah Tanjung Redep-Berau. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207046038_JUDUL__240402101107.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207046038_BAB_I__240402101107.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207046038_BAB_II__240402101107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207046038_BAB_III__240402101107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207046038_BAB_IV__240402101107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207046038_BAB_V__240402101107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046038_DAFTAR_PUSTAKA__240402101107.pdf

Download (535kB)

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah suatu usaha yang dilakukan terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan. Sehingga penanggung jawab kegiatan belajar mengajar yang membantu dengan maksud agar dicapainya kondisi yang optimal. Keberhasilan peserta didik dalam belajar sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru dituntut untuk memahami komponen-komponen dasar dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pembelajaran produktif kompetensi Teknik otomotif di SMK Muhammadiyah Tanjung Redeb-Berau.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknis pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 5 partisipan yang berada di SMK Muhammadiyah Tanjung Redeb-Berau. Meskipun teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan fenomenologis, namun proses analisis data tidak sepenuhnya menggunakan fenomenologis melainkan menggunakan analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan software atlas ti untuk memudahkan dalam mengelolah data. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan cheking data oleh peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah Tanjung Redeb-Berau meliputi: 1) perencanan pembelajaran (planning) dalam manajemen Pembelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik otomotif yaitu kurikulum merdeka, tujuan pembelajaran, modul ajar, praktik dan teori. 2) pengorganisasian pembelajaran (organizing) dalam manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik otomotif yaitu prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen, capaian pembelajaran dan projek penguatan profil pelajar Pancasila P5. 3) pelaksanaan pembelajaran (actuating) dalam manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik otomotif yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. 4) evaluasi pembelajaran (controlling) dalam manajemen pembelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik otomotif yaitu penilaian komptensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: manajemen kelas, pembeljaran produktif, kompetensi keahlian teknik otomotif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 29 May 2024 01:17
Last Modified: 29 May 2024 01:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63749

Actions (login required)

View Item View Item