Yani, Salsabila Ika (2024) Perancangan ulang design UI/UX website Kampung Batik Giriloyo menggunakan metode design thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016092_JUDUL__240527081100.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016092_BAB_I__240524013254.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016092_BAB_II__240524013254.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016092_BAB_III__240524013254.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016092_BAB_IV__240524013254.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016092_BAB_V__240524013254.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016092_DAFTAR_PUSTAKA__240524013254.pdf Download (106kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016092_LAMPIRAN__240524013254.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
Abstract
Kampung Batik Giriloyo merupakan sebuah kampung yang terletak di kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, sentra batik tulis terbesar di Jogja dengan jumlah pengrajin batik tulis lebih dari lima ratus orang. Selain itu Kampung Batik Giriloyo juga merupakan destinasi wisatawan untuk mereka yang ingin belajar membatik, informasi mengenai pemesanan bisa pengunjung lihat melalui situs resmi Kampung Batik Giriloyo. Namun, dalam proses pemesanan atau reservasi menjadi salah satu kekurangan dalam website saat ini, dimana layanan proses reservasi masih menggunakan media whatsapp, hal tersebut dirasa kurang efisien ketersediaan jadwal tidak dapat dilihat di dalam website dan harus bertanya melalui whatsapp dan respon yang didapatkan juga tidak cepat, selain dari proses reservasi juga penggunaan media whatsapp sebagai pemasaran tidak baik jika whatsapp terjadi permasalahan seperti penyimpanan memori penuh, sehingga tidak lain hal yang dilakukan adalah mengurangi data dengan menghapusnya secara manual.
Maka dengan adanya permasalahan tersebut website Kampung Batik Giriloyo perlu diadakannya perancangan ulang mengenai proses reservasi. Dalam penelitian ini metode Design Thinking dipilih dan digunakan sebagai proses untuk membantu menyelesaikan pemasalahan yang ada pada website Kampung Batik Giriloyo, dengan melalui tahapan-tahapan yang terdapat pada metode Design Thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian pada penelitian ini menggunakan usability testing dan system usability scale.
Hasil dari perancangan ulang yang telah dikembangkan dalam bentuk prototype berhasil menunjukan bahwa pada website saat ini efektifitas 100% dan efisiensi 100% , serta dari penilaian kepuasan pengguna mencapai 76. Hal tersebut menyatakan bahwa pada website sebelumnya dirasa belum efisien.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kampung Batik Giriloyo, design thinking, usability |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:10 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63788 |
Actions (login required)
View Item |