Pengembangan media pop up book dalam layanan bimbingan kelompok teknik problem solving tentang bullying di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Hanum, Nuri Cholidah (2022) Pengembangan media pop up book dalam layanan bimbingan kelompok teknik problem solving tentang bullying di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1815001230_JUDUL__240530094822.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1815001230_BAB_I__240530094822.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1815001230_BAB_II__240530094822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1815001230_BAB_III__240530094822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1815001230_BAB_IV__240530094822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1815001230_BAB_V__240530094822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1815001230_DAFTAR_PUSTAKA__240530094822.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1815001230_LAMPIRAN__240530094823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sehingga mereka dapat menerapkan nilai moral di lingkungan sekolah. Melihat kondisi saat ini dimana telah terjadi berbagai kasus kenakalan remaja yang turut melibatkan siswa baik sebagai korban maupun pelaku. Salah satu tindak kenakalan remaja tersebut adalah perundungan (bullying). Dalam hal ini Guru BK memiliki peran untuk meminimalisir dengan memberikan pemahaman kepada siswa tentang bullying. Layanan bimbingan kelompok teknik problem solving menjadi salah satu inovasi dan alternatif yang dapat dilakukan. Layanan bimbingan kelompok dilaksanakan dengan menggunakan sebuah Media BK berupa pop up book untuk membantu Guru BK dalam menyampaikan materi mengenai bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pop up book tentang bullying bagi siswa kelas VII SMP.
Penelitian dilaksanakan menggunakan metode pengembangan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaittu Analysis (Analisis) dilakukan dengan melakukan analisis materi, kemudian tahap Design (Desain) dilakukan dengan mendesain materi serta prototype buku, selanjutnya Development (Pengembangan) dilakukan dengan membuat desain buku menggunakan software coreldraw, selanjutnya tahap Implementation (implementasi) dilakukan dengan melakukan uji keterbacaan terbatas pada siswa kelas VII SMP yang berjumlah 12 siswa di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, serta tahap terakhir yaitu Evaluation (Evaluasi) dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap media dari saran dan masukkan validator uji ahli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa validator uji ahli menunjukkan rata – rata nilai sebesar 90,5 yang masuk dalam kategori sangat baik. Dengan hasil ini maka media pop up book tentang bullying bagi siswa kelas VII SMP layak untuk digunakan dalam layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Harapan dari pengembangan media pop up book tentang bullying bagi siswa kelas VII SMP ini yaitu dapat memberikan sebuah inovasi media yang kreatif dan menarik bagi Guru BK melalui layanan bimbingan kelompok serta mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai tindak bullying.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: bullying, pop up book, bimbingan kelompok, media bk
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:40
Last Modified: 06 Jun 2024 01:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63835

Actions (login required)

View Item View Item