Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar

Fauziyah, Siti Khusnul (2024) Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005095_JUDUL__240605022417.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005095_BAB_I__240605022417.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005095_BAB_II__240605022417.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005095_BAB_III__240605022417.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005095_BAB_IV__240605022417.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005095_DAFTAR_PUSTAKA__240605022417.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005095_LAMPIRAN__240605022417.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005095_NASKAH_PUBLIKASI__240605022417.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah tentang materi pemanasan global disebabkan karena kurang optimalnya pembelajaran di kelas dan sering terjadinya miskonsepsi khususnya pada pembelajaran IPA. Kurang optimalnya pembelajaran IPA dan terjadinya miskonsepsi dikarenakan guru menerapkan pembelajaran sederhana dengan menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media akan terkesan membosankan, tidak menarik dan sulit dalam memahami suatu konsep. Media pembelajaran diperlukan sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu seperti menggunakan media benda konkret agar pembelajaran menjadi menarik dan berkesan. Penelitian ini bertujuan adalah menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book Materi Pemanasan Global yang berkualitas serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembanga), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Khusus pada penelitian ini tahap implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (pra penelitian), lembar penilaian dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Uji kualitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa, penilaian peserta didik dan penilaian guru kelas. Uji efektivitas diperoleh dari nilai posttest dibandingkan dengan nilai KKM yang dianalisis dengan tahapan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji one sample t-test.
Media pembelajaran Pop-up Book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD setelah dilakukan validasi mendapatkan presentase penilaian kualitas dari ahli media sebesar 91,7�ngan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 93,9�ngan kategori sangat layak, ahli pembelajaran sebesar 80�ngan kategori , dan ahli bahasa sebesar 85�ngan kategori layak. Serta hasil penilaian peserta didik sebesar 96,4�ngan kategori sangat layak, dan penilaian guru sebesar 98,4�ngan kategori sangat layak. Hasil uji normalitas menunjukan nilai yang berarti data post-test berdistribusi normal dengan nilai rata-rata post-test 81,5952 lebih tinggi dari KKM (70). Uji hipotesis mrnggunakan uji-t diperoleh = 5,51 = 1,72472, maka hipotesis diterima dan ditolak (terdapat peningkatan nilai rata-rata peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book). Kesimpulan yaitu media pembelajaran Pop-Up Book efektif untuk meningkatkan hasi belajar peserta didik kelas III SD.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: pengembangan media pembelajaran, Pop up book, pemanasan global, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 10 Jun 2024 17:23
Last Modified: 10 Jun 2024 17:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63996

Actions (login required)

View Item View Item