Bella, Sintia (2024) Efektivitas strategi pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 2 di SDN 20 Tempilang Bangka Barat. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005107_JUDUL__240604082519.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005107_BAB_I__240604084312.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005107_BAB_II__240604084312.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005107_BAB_III__240604082519.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005107_BAB_IV__240604082519.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005107_BAB_V__240604082519.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005107_DAFTAR_PUSTAKA__240604082519.pdf Download (3MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005107_LAMPIRAN__240604082519.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring di kelas 2 SDN 20 Tempilang Bangka Barat, mengetahui kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas 2 SD Negeri 20 Tempilang Bangka Barat serta untuk mengetahui pengaruh strategi pemebelajaran daring terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas 2 SDN 20 Tempilang Bangka Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (pra eksperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 2 SDN 20 Tempilang Bangka Barat. Teknik sampling dengan menggunakan teknik sampling sampel probabilitas bisa digunakan untuk generalisasi jika dan hanya jika sampel itu diambil secara random (acak). Sampel random adalah sampel yang diambil sedemikian rupa sehingga setiap anggota dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Pengambilan sampel dengan one group pretest-posttest yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelas saja dengan sampel kelas 2 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu strategi pembelajaran daring dan variabel terikat yaitu kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes isian lisan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran daring memiliki pengaruh dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik. Nilai terendah pretest diperoleh mean sebesar sebesar 45.5, median sebesar 40.0, dan standar deviasi sebesar 14.68. seedangkan nilai posttest diperoleh mean sebesar 82,0, median sebesar 80, modus sebesar 80 dan standar deviasi sebesar 12.397. Data hasil pretest dan posttest digunakan untuk menguji normalitas, homogenitas, uji sampel-t, dan uji gain. Hasil penelitian t hitung sebesar -18.653 dan niali sig (p) <0,00, dan uji gain diperoleh data rata-rata pretest 45.5 dan rata-rata posttest 82.0. Sehingga diperoleh uji gain 70.05 % yang peningkatan hasil kemampuan membaca permulaan masuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi pembelajaran daring, kemampuan membaca permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 03:53 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 03:53 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64026 |
Actions (login required)
View Item |