Junior, Yudiet Tresnanda Yunita (2024) Efektivitas bimbingan kelompok teknik pelatihan untuk meningkatkan Self Directed Learning Siswa Menengah Pertama di SMP Negeri 5 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001196_JUDUL__240611014755.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001196_BAB_I__240611014756.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001196_BAB_II__240611014756.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001196_BAB_III__240611014756.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001196_BAB_IV__240611014756.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001196_BAB_V__240611014756.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001196_DAFTAR_PUSTAKA__240611014756.pdf Download (193kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001196_LAMPIRAN__240611014756.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemandirian individu merupakan kualitas yang penting dan harus dikembangkan sejak awal masa pendidikan dan peran sekolah dalam mengembangkan kemandirian sangat penting, dengan fokus pada Self Directed Learning. Self directed learning menjadi aspek penting karena membantu siswa dalam mengembangkan inisiatif, eksplorasi kemandirian dan kebebasan untuk menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai preferensi mereka yang nantinya akan menghasilkan pencapaian belajar yang optimal. Faktanya banyak siswa masih memiliki Self Directed Learning yang rendah, karena Sebagian besar masih memerlukan bantuan dan dukungan dari orang lain dalam proses belajar mereka. Sehingga Self Directed Learning harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik pelatihan untuk meningkatkan Self Directed Learning siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis one grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini satu kelas VIII dengan jumla 32 siswa di SMP N 5 Banguntapan. Sample yang dipilih berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala Self Directed Learning, uji validitas berbantu SPSS dan data yang diperoleh dianalisis dengan paired sampel t test. Hasil penelitan manunjukan skor rata-rata pretest 105,7 dan rata-rata posttest 143,1 yang menunjukan ada perbedaan. Dikuatkan pada hasil paired sampel t-test dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 24,199 > 2,262 dan nilai sig (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut menunjukan ada perbedaan signifikan dan peningkatan setelah diberikan layanan. Kesimpulan penelitian adalah layanan bimbingan kelompok teknik pelatihan terbukti efektif untuk meningkatkan Self Directed Learning pada siswa kelas VIII di SMP N 5 Banguntapan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self directed learning, bimbingan kelompok, teknik pelatihan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64122 |
Actions (login required)
View Item |