Husna, Ulfah Fathiyatul (2024) Implementasi profil pelajar pancasila kreatif melalui materi menggambar 3 dimensi (3D) di SD Muhammadiyah Jogodayoh. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005372_JUDUL__240611041831.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005372_BAB_I__240611041831.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005372_BAB_II__240611041832.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005372_BAB_III__240611041832.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005372_BAB_IV__240611041832.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005372_BAB_V__240611041832.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005372_DAFTAR_PUSTAKA__240611041832.pdf Download (333kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005372_LAMPIRAN__240611041832.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum yang digunakan SD Muhammadiyah Jogodayoh dalam pembelajaran yaitu kurikulum merdeka. Dengan menerapkan kurikulum ini, SD Muhammadiyah Jogodayoh berupaya menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila kepada seluruh peserta didik pada semua mata pelajaran. Salah satunya yaitu mata pelajaran seni rupa menggambar 3D. Melalui menggambar 3D, siswa dapat mengembangkan salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yaitu dimensi kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila kreatif melalui materi menggambar 3D di SD Muhammadiyah Jogodayoh, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi profil pelajar Pancasila kreatif melalui materi menggambar 3D di SD Muhammadiyah Jogodayoh.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jogodayoh. Objek penelitian yaitu, implementasi profil pelajar pancasila kreatif melalui materi menggambar 3D di SD Muhammadiyah Jogodayoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan, 1) implementasi profil pelajar pancasila kreatif melalui materi menggambar 3D di SD Muhammadiyah Jogodayoh telah dilaksanakan dan berjalan baik. Elemen yang dihasilkan yaitu menghasilkan gagasan yang orisinal melalui proses mengolah atau mencari inspirasi sehingga menghasilkan gagasan baru dan menemukan ide yang berbeda dari teman yang lain; menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal yaitu siswa mampu modifikasi dan mengubah hasil karya yang dibuat sesuai keinginan atau kreativitasnya sehingga menghasilkan karya yang bersifat otentik dan bernilai orisinal; dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan dengan beragam cara. 2) faktor pendukung implementasi profil pelajar Pancasila kreatif melalui materi menggambar 3D di SD Muhammadiyah Jogodayoh berasal dari faktor pembawaan, kepribadian, keluarga, guru, dan lingkungan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu hambatan dari sarana prasarana, hambatan dari siswa, hambatan dari guru, dan hambatan waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar pancasila, dimensi kreatif, menggambar 3D, SD Muhammadiyah Jogodayoh |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:56 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64183 |
Actions (login required)
View Item |