Rina, Rina (2024) Model manajemen pembelajaran berdiferensiasi di SD Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046021_JUDUL__240611095521.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046021_BAB_I__240611095521.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046021_BAB_II__240611095521.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046021_BAB_III__240611095521.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046021_BAB_IV__240611095521.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046021_BAB_V__240611095521.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046021_DAFTAR_PUSTAKA__240611095521.pdf Download (203kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046021_LAMPIRAN__240611095521.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207046021_NASKAH_PUBLIKASI__240611095521.pdf Download (713kB) |
Abstract
Rina. 2024. Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SD Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar. Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang didasarkan pada kebutuhan setiap siswa. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan para guru untuk melihat pembelajaran dari berbagai sudut, dimulai dengan memperhatikan profil pembelajaran yang mendorong pendidik untuk senantiasa memperhatikan dan mengambil tindakan untuk menentukan kebutuhan siswa, serta menganalisa kesiapan belajar siswa, respons dalam belajarnya bahkan minatnya yang mungkin berbeda satu sama lainnya. Akan tetapi pada pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi tidak lepas dari berbagai kendala yang dirasakan oleh para guru sebagai praktisi pendidikan. Maka dibutuhkan manajemen pembelajaran berdiferensiasi yang baik untuk optimalisasi potensi siswa. Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Banjar ini telah menerapakan manajemen pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikannya.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu parsipan yang terlibat langsung dalam penerapan manajemen pembelajaran berdiferensiasi di SD Inspiratif Al-Ilham yang meliputi kepala sekolah, bagian kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses perencanaan diawali identifikasi minat, bakat dan tingkat kesiapan belajar siswa, menidentifikasi kebutuhan dan proporsi siswa, membuat kelas kecil yang fleksibel,menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, merancang aktifitas belajar dan penilaian yang fleksibel. 2) Proses pelaksanaanya dengan melakukan pengorganisasian sumber daya manusia yang melibatkan orang tua dan guru,penggunaan modul ajar yang berdiferensiasi, penerapan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi melalui diferensiasi konten, proses dan produk, serta 3) Melaksanakan evaluasi dan penilaian melalui asesmen formatif dan asesmen sumatif menghasilkan ketercapaian pembelajaran berdiferensiasi yaitu optimalisasi potensi siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Manajemen pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, model pembelajaran berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Master of Managemen (Magister Manajemen) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64202 |
Actions (login required)
View Item |